728x90 AdSpace

Breaking

[recent][ticker2]
August 27, 2019

Pengalaman Membuat SKCK di Polsek Kembangan

Pengalaman Membuat SKCK di Polsek Kembangan

SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Dahulu, surat ini dikenal dengan nama Surat Keterangan Kelakuan Baik atau disingkat SKKB. Dilansir dari Wikipedia, SKCK adalah surat keterangan yang diterbitkan oleh Polri yang berisikan catatan kejahatan seseorang. Saat masih bernama SKKB, surat ini hanya bisa diberikan ke yang tidak/belum pernah tercatat melakukan tindakan kejahatan hingga tanggal dikeluarkannya SKKB tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mengungkapkan bagaimana pengalaman saya dalam membuat SKCK di Polsek Kembangan. Alamat polsek tersebut berada di Jalan Safir Raya E/7 Taman Meruya Ilir, Jakarta 11620. Sementara itu, ruangan pelayanan SKCK terletak di deretan paling belakang dekat kantin.

Berkas-berkas yang saya siapkan untuk membuat SKCK ini di antaranya adalah foto copy KTP, KK, dan akte kelahiran. Selain itu, saya juga membawa 4 lembar pas photo ukuran 4 x 6 dengan latar belakang berwarna merah. Selanjutnya, berkas-berkas tersebut saya serahkan ke loket pendaftaran. Lalu, saya ditanya keperluannya untuk apa membuat SKCK. Dalam hal ini, saya membuat SKCK adalah untuk melamar pekerjaan.

Setelah itu, saya membayar uang sejumlah Rp 30.000 dan petugas memberikan kwitansinya sebagai tanda bukti pembayaran. Di samping itu, petugas juga memberikan 2 buah formulir yang harus kita ini sesuai dengan kondisi kita. Silakan diisi sesuai dengan contoh yang ada yang tertempel di dinding luar ruangan pelayanan SKCK tersebut. Jika sudah terisi lengkap, serahkan kembali formulir tersebut dan tunggu nama dipanggil untuk menerima SKCK yang sudah jadi.

Di Polsek Kembangan, saya tidak diminta rumus sidik jari. Mungkin di kantor polisi yang lain, kebijakannya akan berbeda. Setelah SKCK saya terima, kemudian saya memfotokopinya sebanyak 5 lembar untuk dilegalisir hari itu juga agar tidak bolak-balik ke kantor polisi nantinya. Legalisir ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Demikian pengalaman saya membuat SKCK di Polsek Kembangan. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mengurus SKCK di polsek yang sama.
Pengalaman Membuat SKCK di Polsek Kembangan Reviewed by Munadi on Tuesday, August 27, 2019 Rating: 5 SKCK merupakan singkatan dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Dahulu, surat ini dikenal dengan nama Surat Keterangan Kelakuan Baik a...

Reactions:

Newer Post
Next
This is the last post
[Kependudukan][carousel1]

No comments: