Scroll untuk baca artikel
WPDealer 160x600
Vroperty 160x600
Munadi.ID
SELAMAT TAHUN BARU ISLAM 1 MUHARRAM 1446 HIJRIAH | MAU NGIKLAN BARANG BARU/BEKAS & GRATIS? PASANG IKLAN AJA DI MUNADI.ID ADS
PerantiRumah

Cara Memilih Mesin Cuci Hemat Listrik

287
×

Cara Memilih Mesin Cuci Hemat Listrik

Sebarkan artikel ini

Pilih Mesin Cuci Twin Tub, Top Loading atau Front Loading?

Mesin cuci jenis top loading atau bukaan atas
Mesin cuci jenis top loading atau bukaan atas

Mesin cuci merupakan peranti yang kemampuannya sangat diandalkan oleh banyak orang untuk meringankan beban pekerjaan rumah tangga. Pasalnya, jika mencuci pakaian dengan menggunakan tangan, tentu hal ini akan menguras tenaga serta memakan waktu yang tidak sedikit.

Bisa dibayangkan jika kita memakai mesin cuci, ada berapa banyak volume air dan daya listrik yang diperlukan dalam sekali mencuci pakaian. Ditambah lagi jika kita harus mencuci pakaian dalam setiap harinya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Oleh karena itu, kita perlu memerhatikan beberapa faktor yang dapat dijadikan acuan dalam membeli mesin cuci yang hemat energi untuk meminimalisasi penggunaan daya listrik. Hal ini untuk menghindari besarnya tagihan listrik dalam setiap bulannya.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dijadikan pedoman dalam memilih mesin cuci yang hemat listrik.

Sesuaikan Kapasitas Mesin Cuci dengan Kebutuhan

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih mesin cuci hemat energi adalah dengan menentukan terlebih dahulu kapasitas mesin cuci sesuai dengan kebutuhan kita.

Bila keluarga kita terdiri dari 5 orang, maka pilihlah mesin cuci dengan kapasitas 7 – 8 kg. Namun, kalau kita tinggal hanya seorang diri, maka kita bisa memilih mesin cuci dengan kapasitas 6 kg. Semakin besar kapasitas mesin cuci, maka semakin besar daya listrik yang dibutuhkan.

Pemilihan Jenis Mesin Cuci

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kita harus memilih jenis mesin cuci yang mana?

Mesin cuci dengan kapasitas 7 kg yang berjenis twin tub membutuhkan daya listrik sebesar 199 – 215 watt.

Sementara mesin cuci dengan kapasitas yang sama, yaitu mesin cuci jenis top loading memerlukan daya listrik sebesar 330 – 350 watt.

Sedangkan mesin cuci front loading membutuhkan daya listrik sebesar 250 – 2200 watt. Daya maksimum mesin cuci front loading terjadi saat heater dipakai dengan suhu 95°C.

Dari perbandingan di atas terlihat bahwa mesin cuci twin tub masih unggul jika dipandang dari daya yang diperlukan. Tetapi, bila kita memang membutuhkan mesin cuci front loading, karena alasan kepraktisan dan air yang lebih hemat, maka kita dapat membeli mesin cuci yang sudah memiliki teknologi inverter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *