Scroll untuk baca artikel
WPDealer 160x600
Vroperty 160x600
Munadi.ID
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H | MAU NGIKLAN BARANG BARU/BEKAS & GRATIS? PASANG IKLAN AJA DI MUNADI.ID ADS
GadgetTeknologi

Tips Jaga Gadget Supaya Awet dan Tahan Lama

140
×

Tips Jaga Gadget Supaya Awet dan Tahan Lama

Sebarkan artikel ini

Smartphone, Tablet PC, Laptop, atau yang Lainnya

Case HP Tahan Air - Cover HP Anti Air - Pelindung Tas Plastik HP - Pouch Bag Smartphone
Case HP Tahan Air - Cover HP Anti Air - Pelindung Tas Plastik HP - Pouch Bag Smartphone

Bagi orang-orang yang memiliki mobilitas tinggi, tentu memerlukan yang namanya proteksi ekstra di kala musim hujan. Terlebih seperti yang terjadi di Hari Kabisat 2024 ini, hujan turun dengan durasi yang begitu lama dan menyebabkan genangan air di beberapa ruas jalan.

Selain menyediakan payung sebelum turunnya hujan, kita juga sebaiknya melindungi gadget kesayangan. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi selama beraktivitas.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kadang kala kita sering abai untuk merawat dan melindungi gadget, seperti smartphone, tablet, laptop, atau yang lainnya. Padahal, hal tersebut dapat memperpanjang usia pemakaian gadget.

Nah, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga gadget agar awet dan tahan lama.

Gunakan Pelindung

Memberikan pelindung adalah hal terpenting untuk menjaga gadget. Berikan aksesoris seperti pelindung, screen protector antigores, casing tahan bentur, cairan pembersih dan pelindung dari air, serta wadah yang terbuat dari bahan anti air dan kedap udara.

Lindungi dari Air

Air memiliki sifat yang mudah untuk menghantarkan listrik sehingga air menjadi musuh utama bagi setiap perangkat elektronik. Papan sirkuit akan mengalami hubungan pendek (korsleting) dan gadget bisa mati jika perangkat terkena air. Selain itu, air juga dapat mempercepat proses korosi. Jika gadget mempunyai materi dari logam, maka rajin-rajinlah untuk membersihkannya walaupun telah dipasangi pelindung.

Lindungi dari Suhu Ekstrim

Jika gadget digunakan pada suhu yang ekstrim, baik panas maupun dingin, maka komponen-komponen internal dalam gadget berpotensi untuk rusak. Kita dapat menyimpannya di dalam dry box untuk mengatasinya.

Pastikan gadget yang tersimpan di dalam tas dalam kondisi yang aman bila Anda sering bepergian. Simpan gadget dalam dry bag atau setidaknya plastik untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu turun hujan. Kantung kedap air juga banyak dijual.

Pastikan gadget tersebut dalam kondisi yang hangat bila berada dalam cuaca yang dingin. Selain menyimpan dalam plastik, bungkus juga dengan kain hangat atau menyimpannya di antara lipatan baju dalam tas.

Rajin Bersihkan Gadget

Bersihkan gadget secara periodik. Buka penutup belakang, lalu lepas baterai dan bersihkan debu-debu yang menempel di bagian dalam atau rongga-rongga konektor dan slot kartu penyimpanan. Gunakan kain yang lembut untuk membersihkan kotoran. Jangan memakai pembersih dari bahan kimia yang tidak direkomendasikan atau mempunyai bahan keras karena bisa berisiko merusak.

Jauhkan dari Makanan atau Minuman

Meletakkan gadget di atas meja di samping makanan atau minuman bisa berisiko jika makanan atau minuman tersebut tumpah sewaktu-waktu. Remah-remah makanan dapat pula jatuh dan menyelip di rongga-rongga yang ada di dalam gadget kesayangan

Asuransikan Gadget

Asuransi untuk gadget sekarang juga diperkenalkan. Beberapa perusahaan asuransi ada yang menawarkannya, terutama gadget premium yang berharga mahal. Asuransi menjamin gadget dari kerusakan dan kehilangan.

Pastikan Garansi

Pastikan jaminan garansi saat membeli sebuah gadget. Mintalah toko untuk menerangkan apa saja yang dijamin oleh garansi dan masa berlakunya. Dengan menanyakan garansi, kita bisa menentukan apakah gadget yang dibeli itu asli dari pabrik, bukan perangkat daur ulang atau rekondisi, atau dari pasar gelap.

Perbaiki Gadget di Service Center Resmi

Usahakan untuk memperbaiki gadget di service center resmi bila gadget rusak. Service center bukan resmi mungkin menawarkan biaya perbaikan yang lebih murah, namun tidak ada jaminan suku cadang yang original atau resmi dari pabrikan. Spare part non-resmi tersebut terkadang ada yang tidak kompatibel dan bisa menyebabkan kerusakan lain yang lebih parah.

Itu tadi informasi tentang beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga gadget agar awet dan tahan lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *