Scroll untuk baca artikel
WPDealer 160x600
Vroperty 160x600
Munadi.ID
SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1445 H | MAU NGIKLAN BARANG BARU/BEKAS & GRATIS? PASANG IKLAN AJA DI MUNADI.ID ADS
MotorOtomotif

Starter Elektrik Honda Blade Tidak Berfungsi, Ternyata Ini Penyebabnya

359
×

Starter Elektrik Honda Blade Tidak Berfungsi, Ternyata Ini Penyebabnya

Sebarkan artikel ini

Ganti Komponen Ini, Jadi Normal Kembali

Honda Blade 110 Saat Service di Bengkel

Saya mengunjungi bengkel motor untuk melakukan servis rutin dan ganti oli hari ini, Senin, 11 Desember 2023. Bengkel ini berlokasi di kawasan Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Sebuah bengkel yang memang telah menjadi langganan.

Sepeda motor yang saya gunakan adalah Honda Blade 110 cc tahun 2012. Kendaraan yang sehari-hari saya jalankan untuk mencari nafkah sebagai pengemudi ojek daring atau ojek online (ojol) sejak 2019 lalu.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Odometer di dasbor motor menunjukkan angka 17208 saat saya melakukan kunjungan ke bengkel kali ini. Sementara terakhir ke bengkel odometer berada di angka 15054 , yakni pada 1 November lalu. Artinya ada jarak sekira 2154 km.

Oli yang saya gunakan untuk motor ini adalah Repsol MXR3 buat motor bebek. Mungkin sudah tiga kali ganti oli saya memakai oli ini.

Selain servis rutin dan ganti oli, saya datang ke bengkel juga dengan membawa keluhan lain yang dialami kendaraan roda dua ini. Apa itu? Sejak seminggu yang lalu, starter elektrik motor saya tidak berfungsi alias tidak dapat digunakan. Padahal sebelumnya kondisinya baik-baik saja.

Tidak berfungsinya starter listrik membuat repot juga dalam menghidupkan mesin motor. Pasalnya, saya harus menggunakan starter kaki untuk menyalakan motor. Hal ini membutuhkan sedikit tambahan tenaga. Kalau sekali engkol, mesin motor bisa hidup ya tidak jadi masalah. Lah kalau harus berkali-kali selah motor, cukup berkeringat juga.

Awalnya saya mengira faktor akilah yang menjadi penyebab starter elektrik motor ini tidak berfungsi. Namun, suara klakson juga masih berbunyi normal. Lampu sein juga masih menyala dengan baik.

Lantas, kalau bukan karena aki, hal apa yang menjadi penyebab starter elektrik motor saya tidak berfungsi? Ternyata mekanik bengkel mengatakan bahwa arang starter dinamonya sudah habis dan harus diganti dengan yang baru. Dan benar saja, setelah dipasang arang yang baru, starter listrik motor saya jadi berfungsi kembali.

Saya harus merogoh kocek sebesar Rp 300.000 untuk keperluan perawatan motor kali ini dengan rincian sebagai berikut.

  • Oli mesin Rp 55.000
  • Oring tutup oli Rp 15.000
  • Areng starter Rp 85.000
  • Kampas depan Rp 75.000
  • Bohlam belakang Rp 20.000
  • Servis Rp 50.000

Yang namanya motor sudah lama digunakan, ada saja beberapa komponen yang harus diganti. Saya berharap untuk biaya servis berikutnya tidak sebesar kali ini. Oh ya, untuk  pembayaran transaksi di atas, saya mentransfer dari GoPay ke BCA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *